Laman

Jumat, 09 Oktober 2015

PENYAKIT KUNING


·        Penyebab penyakit kuning
Berdasarkan penyebabnya, penyakit kuning terbagi menjadi tiga jenis yaitu penyakit kuning pre-hepatic, intra-hepatic, dan post-hepatic. ‘Hepatic’ berarti organ hati. Dengan kata lain, penyebab penyakit kuning bisa terjadi akibat gangguan sebelum bilirubin dibawa oleh darah memasuki hati, di dalam hati atau setelah melewati hati.

Penyakit kuning pre-hepatic terjadi ketika kadar bilirubin meningkat akibat penguraian sel darah merah yang terjadi secara lebih cepat daripada normal. Kondisi ini di antaranya bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, misalnya anemia hemolitik dan anemia sel sabit. Penyakit kuning pre-hepatic dapat diderita oleh berbagai umur termasuk anak-anak.

Penyakit kuning intra-hepatic disebabkan oleh gangguan yang terjadi di dalam hati yang mengakibatkan organ tersebut kurang mampu untuk memproses bilirubin, Kerusakan hati ini di antaranya bisa disebabkan oleh hepatitis dan sirosis.

Penyakit kuning post-hepatic terjadi ketika terganggunya pembuangan cairan empedu yang mengandung bilirubin ke dalam sistem pencernaan, misalnya akibat saluran empedu yang terhambat, mengalami radang, atau bahkan rusak. Beberapa kondisi medis yang menyebabkan hal ini adalah tumor dan batu empedu.

Penyakit kuning intra-hepatic maupun post-hepatic lebih sering diderita oleh mereka yang memasuki usia setengah baya hingga lebih tua.
·        Pengobatan penyakit kuning
Pengobatan penyakit kuning tergantung kepada jenis penyakit kuning itu sendiri, penyebab, dan tingkat keparahannya. Diagnosis yang tepat akan membantu dokter dalam memberikan penanganan yang tepat pula.

·        Pencegahan penyakit kuning
Banyak kondisi atau faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit kuning, salah satunya adalah hepatitis. Upaya pencegahan yang bisa kita lakukan adalah dengan meminimalisasi risiko terkena kondisi tersebut.

Selain itu, berolahraga secara teratur, mengontrol konsumsi alkohol, dan menjaga berat badan juga penting untuk diterapkan sebagai upaya mencegah penyakit kuning.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar