Laman

Minggu, 27 September 2015

CAPOEIRA


capoeira merupakan sebuah olahraga bela diri yang dikembangkan oleh para budak afrika di brazil pada 1500-an. gerakan dalam capoeira menyerupai tarian dan betitik berat pada tendangan. pertarungan dalam capoeira biasanya diiringi oleh musik dan disebut JOGO. capoeira sering dikritik banyak orang meragukan keampuhannya dalam pertarungan sungguhan, dibanding seni bela diri lainnya seperti karate atau taekwondo.
dalam capoeira teknik gerakan dasar dimulai dari "ginga" dan bukan dari posisi berhenti yang merupakan karakteristik dari karate, taekwondo, pencak silat, wushu, kung fu, dll. GINGA adalah gerakan-gerakan tubuh yang berkelanjutan dan bertujuan untuk mencari waktu yang tepat untuk menyerang atau mempertahankan diri, yang sering kali adalah menghindarkan diri dari serangan. dalam roda para pemain capoeira mengetes diri mereka, lewat permainan pertandingan, di tengah lingkaran yang dibuat oleh para pemain musik dengan alat-alat musik afrika dan menyanyikan bermacam-macam lagu, dan pemain lainnya bertepuk tangan dan menyanyikan bagian refrein. lirik lagu-lagu itu tentang sejaranh kesenian tersebut, guru besar pada waktu dulu dan sekarang, tentang hidup dalam masa perbudakan, dan perlawanan mencapai kemerdekaan. gaya bermain musik mempunyai perbedaan ritme untuk bermacam-macam permainan capoeira, ada yang perlahan dan ada juga yang cepat.
capoeira tidak saja menjadi sebuah kebudayaan, tetapi juga sebuah olahraga nasional brazil, dan para guru dari negara tersebut membuat capoeira menjadi terus-menerus lebih internasional, mengajar di kelompok-kelompok mahasiswa, bermacam-macam fitnes center, organisasi-organisasi kecil, dll. siswa-siswa mereka belajar menyanyikan lagu-lagu capoeira dengan bahasa portugis - "capoeira e pra homi, / mininu e mulhe ..." (capoeira untul laki-laki,/anak-anak dan perempuan).
berikut beberapa gerakan dalam capoeira:
1. ginga
2. handstand
3. backflip
4. headspin
5. handstand whirling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar