Laman

Senin, 12 Januari 2015

HUBUNGAN KEPADATAN POPULASI DENGAN LINGKUNGAN

kepadatan penduduk adalah jumlah penduduk yang hidup dalam satuan luas daerah dan kurun waktu tertentu. kepadatan penduduk pada suatu tempat tertentu dari waktu ke waktu akan mengalami perubahan yang disebut dengan dinamika penduduk. dinamika penduduk ini dipengaruhi oleh laju kelahiran (natalitas), laju kematian (mortalitas), dan perpindahan penduduk (migrasi). 

A. pengaruh kepadatan populasi menusia terhadap lingkungan

1. pertambahan populasi manusia akan mempertinggi tekanan terhadap SDA. semakin banyak populasi maka semakin banyak masalah yang ditimbulkan di lingkungan.
2. semakin tingginya dinamika aktivitas manusia akan menyebabkan timbulnya polusi lingkungan, baik polusi air, udara, maupun tanah.
3. populasi manusia dapat mengurangi pengaruh lingkungan dengan meningkatkan produk makanan (sumber daya alam) dan mengontrol penyakit pada organisme.
4. pengelolaan lingkungan yang terancana akan memungkinkan lestarinya sumber daya alam, sehingga dapat dimanfaatkan manusia untuk jangka waktu yang lebih lama.

B. peran manusia dalam mengelola lingkungan

1. manusia berperan penting terhadap perubahan lingkungan dan itu juga berarti perubahan terhadap sumber daya alam yang ada.
2. upaya manusia mengelola lingkungan sangat di perlukan untk mengurangi tekanan terhadap sumber daya alam yang ada.
3. pengelolaan sumber daya alam dilakukan dengan prinsip-prinsip konservasi agar sumber daya alam dapat dimanfaatkan untuk jangka waktu yang relatif lebih lama.
4. contoh perilaku dalam konservasi adalah menetapkan kawasan hutan sebagai hutan lindung, suaka margasatwa, pengelolaan sungai dari polutan, mengatur pembuangan sampah agar aman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar